Cari Blog Ini

snowball effect

Minggu, 09 September 2012

Masakan Unik ala Chef Rainy

anyong...!
kali ini rainy bakalan bagi-bagi resep unik. jadi ceritanyanya makanan ini adalah hasil coba-coba tapi nggak nyangka log rasanya top ceerr. hehehe rainy emang hobynya masak dan mencoba makanan baru juga suka bereksperimen dengan makanan. bagi yang hobynya sama kayak rainy boleh ikutan nyoba buat dirumah. gampang banget koq.
yang pertama saya mau memperkenalkan "DADAR UNGU VLA BUAH" idenya datang waktu ramadan kemarin saat jadi panitia i'tikaf khusus cewek di salah satu masjid di malang. waktu itu ada banyak banget sisa kolak ungu saat berbuka puasa. Nih diapain ya biar bisa kemakan kolaknya. akhirnya ide unik ini muncul.  mencoba....???

Bahan dadar:
1. ubi ungu (dikukus tapi dulu pakesaya pake  sisa kolak)
2. tepung terigu 1/2 kg
3. 1,5 santan  cair (karena dulu sisa kolak jadinya santan kolak yg rainy masukin)
4. 2 telur
5. 2 sdm gula


bahan Vla
1. Nanas setengah buah (bisa diganti dengan buah lain yang disukai kayak mangga, kiwi, apel dll)
2. 4 sdt tepung terigu
3. 1/8 kg gula
4. susu kental manis (jika tidak suka juga tidak apa tidak ditambahakan)
4.  1/2 gls air

membuat dadar. 

hancur ubi hingga halus, campur dengan telur, tepung dan gula, tambahkan santan aduk hingga rata. (jika kurang cair bisa ditambah air). panaskan teflon dengan olesan minyak. tuang adonan membentuk dadar memenuhhi teflon. jika sudah tidak lengket diangkat.

membuat Vla

panaskan gula dengan air menggunakan api sedang, tepung dicairkan dulu lalu dimasukkan, tambahkan susu kental manis biarkan mengental dan meletup-letup. tambahkan nanas.

terakhir isi dadar dengan vla dapat berbentuk seperti dadar gulung atau seperti crepes. dadar ungu vla buah siap di santap. jika mau lebih nikmat bisa disimpan di dalam kukas.
itu resep pertama dari Rainy. masih banyak resep-resep unik lainnya yang udah rainy coba. tunggu aja ya kelanjutannya....


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar